17 Jul 2010

Tips Tidur Nyenyak

Setelah beraktifitas penuh seharian, malam hari nampaknya menjadi saat yang dinanti-nantikan banyak orang karena di saat inilah kita dapat mengistirahatkan tubuh dengan tidur nyenyak. Namun belakangan ini semakin banyak orang yang merasa tidak bisa tidur di malam hari, tidak jarang untuk tidur mereka harus menunggu sampai ayam mulai berkokok dan matahari menampakkan dirinya kembali. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktifitas di keesokan harinya karena tubuh bagaimanapun butuh diistirahatkan.
Sebenarnya kesulitan tidur ini dapat disebabkan karena gangguan psikologis dan biologis, lingkungan yang mengganggu, penggunaan obat-obatan dan alkohol, serta kebiasaan buruk.
Maka banyak orang mengatasi kesulitan tidurnya dengan meminum obat tidur. Memang dengan meminum obat tidur anda dapat tidur dengan segera tetapi efek jangka panjang meminum obat tidur ini dapat menyebabkan rusaknya organ tubuh, kecanduan, dan terganggunya konsentrasi.
Lebih baik anda mengatasinya dengan cara cara alami seperti tips tidur nyenyak berikut ini yang sebagian besar tips dapat dilakukan dengan memakan makanan yang sering anda jumpai sehari hari.

1. Memakan pisang karena pisang mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil dan juga pisang mengandung magnesium bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.
2. Meminum susu hangat. Susu hangat yang kaya akan trytophan dapat menenangkan dan membantu tubuh menjadi rileks.
3. Meminum teh chamomile. Teh ini mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress fisik maupun mental.
4. Memakan kentang, kentang yang dapat membantu menghilangkan asam yang menghalangi triptofan merupakan camilan yang cocok sebelum tidur.
5. Memakan roti gandum, sepotong roti gandum dan teh akan merangsang insulin dalam tubuh anda yang berguna untuk membantu kinerja tryptohan untuk bereaksi di otak. Dimana tryptohan akan diubah menjadi serotonin yang memberi tahu otak anda untuk tidur.
6. Mandi air panas. Dengan mandi air panas, tubuh dapat lebih relaks dan lakukan kegiatan ini sekitar 1 jam sebelum anda akan tidur.  
7. Hindari kafein dan makanan sarat gula.Gula secara temporer dapat membuat tubuh merasa terjaga.
    Tips tips diatas merupakan sebagian tips yang dapat membantu anda tidur nyenyak, masih banyak lagi hal hal yang dapat membuat anda nyaman di malam hari. Yang terpenting adalah bagaimana anda menjaga pola hidup anda dengan melakukan segala aktifitas dengan teratur. Semoga dengan membaca tulisan ini, anda tidak menjadi khawatir lagi dengan malam hari.

    Source : conectique , konsultasikesehatan , etcnews

    3 komentar:

    iplock mengatakan...

    wah ini yang ane cari sob, waktu itu di metro tv ada yang bahas,tp dikit bgt!!!
    thanks infonya,tak baca dulu nih!

    lina@women's perspectives mengatakan...

    Saya ingat2 nih, trims infonya :)

    Butik Bella mengatakan...

    Kalau saya sih biasanya ketika susah tidur, yah kalau tidak minum susu hangat yah membaca Novel ajah sob.. Meski membaca sambil tiduran sangat tidak baik untuk kesehatan mata yah.. hehehe...

    Thank's infonya :)