4 Jul 2010

Kinkaku-ji, Kuil Paviliun Emas

Kinkaku-ji yang jika diartikan menjadi Kuil Paviliun Emas merupakan kuil yang berada di Kinkakuji-cho, Kita-Ku di sebelah utara kota Kyoto, Jepang. Kinkaku-ji atau yang disebut juga Rokuonji (Kuil Taman Rusa) berada di tepi kolam buatan yang bernama Kyokochi. Didirikan di perbukitan Kitayama dan dikelilingi dengan pepohonan yang rindang semakin menambah daya tarik Kinkaku selain dari keunikan arsitektur bangunanya itu sendiri. Tidak heran Kinkaku-ji masuk ke dalam salah satu situs warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1994.
Kuil yang sudah ada sejak tahun 1397 sebagai villa untuk shogun Ashikaga Yoshimitsu, telah terbakar beberapa kali semasa Perang Onin dan pada tahun 1950 dibakar oleh seorang biarawan yang menderita gangguan mental. Sehingga pada tahun 1955 Kinkaku-ji direnovasi dan bentuk yang sekarang adalah hasil renovasi tahun 1955 tersebut.
Kinkaku-ji terdiri dari tiga lantai ini, di tiap lantainya dibangun dengan gaya arsitektur yang berbeda beda. Di bagian atapnya terdapat fenghuang emas yang berbentuk burung phoenix.
Kyoto yang dahulu pernah menjadi ibu kota Jepang menyimpan banyak sejarah, ada banyak bangunan bersejarah yang juga masuk kedalam situs warisan budaya selain Kinkaku-ji seperti Istana Nijo, Ryoan-ji, Ginkaku-ji, Hongan-ji.

1 komentar:

radio mengatakan...

great blog