5 Sep 2012

Anime Fesival Asia Indonesia 2012


Suatu festival bertemakan kebudayaan jepang khususnya mengenai anime dan manga digelar pada akhir minggu kemarin di JIExpo jakarta selama dua hari yaitu pada 1-2 September 2012. Festival yang bertajuk Anime Festival Asia ini sudah sejak lama diadakan, mulai tahun 2008 setiap tahun rutin diadakan di Singapura, barulah pada tahun ini Anime Festival Asia diadakan di 3 negara yaitu Malaysia, Indonesia dan Singapura.
Pada pagelarannya yang pertama di Indonesia, festival ini berhasil menyedot ribuan para penggemar anime Indonesia. Anak-anak, remaja, sampai orang dewasa pun terlihat di festival anime terbesar di Indonesia tersebut. Tidak heran antrian panjang pun terlihat saat pengunjung hendak membeli tiket, bahkan sampai ada yang menunggu berjam-jam untuk masuk ke dalam arena, beruntung saya yang tiba di JIExpo pada hari sabtu sekitar jam 11 siang, hanya menunggu selama 1,5 jam untuk mengantri tiket.




Suasana di dalam pun tidak berbeda jauh dengan diluar, sangat padat sekali baik di Exhibition maupun di Main Stage dan juga di sekitar pintu masuk exhibition dan main stage. Terlihat banyak cosplayer yang berperan menjadi tokoh anime favorit mereka berjalan-jalan dan berfoto bersama pengunjung lainnya. Area Exhibition didominasi oleh booth yang menjual barang-barang yang berkaitan dengan kebudayaan Jepang mulai dari makanan khas Jepang, action figure, dan aksesoris lainnya. Beberapa perusahaan besar di industri anime pun berdatangan seperti Good Smile Company yang juga turut serta membawa presidennya Aki Takanori, Bandai, Animax, dan Bushiroad. Karena exhibition stage begitu penuh dan tiap booth terdapat antrian yang panjang, saya pun hanya sempat membeli model kit gundam 00.

Yang paling ditunggu dalam Exhibition area adalah adanya Moe Moe Kyun Maid Cafe dan Atelier Royale Butler Cafe, yaitu cafe dengan konsep para pelanggan dapat dilayani secara langsung oleh para maid wanita yang berwajah manis untuk Moe Moe Kyun Maid Cafe (MMK Cafe) dan pelayan pria berpenampilan menarik untuk Atelier Royal Buttler Cafe, bahkan para pengunjung akan diajak bermain dengan mereka. Niat datang jauh-jauh dari Bandung untuk bertemu para maid di Moe Moe Kyun cafe, setelah tiba di depan stand MMK niat itu pun sirna seketika karena melihat antrian yang begitu panjangnya dan terdengar kabar harga untuk strawberry short cake dan chocolate mousse cake seharga Rp 110.000. Harga yang sangat mahal sekali, untung saja tidak jadi masuk :) .

Berbeda dengan exhibition area, dalam main stage anda dapat menonton special guest dalam membagikan pengalaman mereka di industri anime, karena saya baru masuk sekitar jam 1 siang, maka special guest yang sempat saya lihat adalah Danny Choo yang berbicara dalam bahasa Inggris. Ditengah-tengah acara Danny Choo, Aki Takanori yang merupakan presiden GSC tampil dipanggung bersama Danny Choo. Mungkin bagi yang tidak mengerti bahasa Ingggris akan terasan membosankan berada di Main Stage.

Yang menarik di AFA ID 2012 hari pertama adalah saat menjelang sore yaitu sekitar jam 5 sore, para cosplayer berkumpul dilapangan kosong yang berada di depan exhibition dan main stage. Disanalah saya mendapatkan foto para cosplayer dengan leluasa dan juga berfoto bersama beberapa cosplayer.









More photo: http://www.animemangapedia.com/2012/09/anime-festival-asia-indonesia-2012.html

Tidak ada komentar: