15 Jun 2010

Tumpahan Minyak di Teluk Meksiko

Sejak 20 April 2010 lalu Teluk Meksiko tercemari oleh tumpahan minyak yang diakibatkan karena terjadinya ledakan di Deepwater Horizon, anjungan pengeboran minyak lepas pantai. Anjungan minyak ini disewakan pada British Petroleum, raksasa perusahaan minyak asal Inggris. Akibat ledakan ini 11 orang tewas dan hingga kini jutaan galon diperkirakan telah mencemari Teluk Meksiko.
Hingga saat ini BP tengah berusaha untuk menanggulangi kebocoran tersebut, dan dana yang telah dikeluarkan BP untuk menangani tumpahan minyak sebesar US$ 1,6 milliar atau sekitar Rp 15 triliun.
Tumpahan minyak ini tidak hanya menghabiskan persediaan minyak mentah yang ada tetapi merupakan bencana lingkungan yang sangat besar karena mengancam kelangsungan hidup semua makhluk hidup yang tinggal di sekitar perairan Teluk Meksiko. Dan juga akan mengganggu perekonomian masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sekitar perairan Teluk Meksiko.
Dengan terjadinya bencana ini, diharapkan bagi kita untuk terus menjaga lingkungan dan menghemat sumber daya alam seperti minyak yang kian hari kian menipis.

Perahu yang digunakan untuk mengumpulkan minyak di perairan Chandeleur Sound, Lousiana

1 komentar:

francisca mengatakan...

owh kasihan bumi ini tercemar lagi ...