7 Jan 2010

Burj Khalifa

Burj Khalifa yang sebelumnya bernama Burj Dubai diresmikan pada 4 januari 2010. Saat peresmian itulah pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashed al-Maktoum mengganti nama Burj Dubai menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahayan. Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter atau 2717 kaki menempatkan Burj Khalifa sebagai bangunan tertinggi di dunia menggeser Taipei 101 setinggi 508 meter atau 1667 kaki. Burj Khalifa yang dibangun mulai dari tahun 2004 dan selesai pada 2009 memiliki lebih dari 160 lantai dan menelan biaya 1,5 miliar US$. 
Selain memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga memegang sejumlah rekor seperti  bangunan dengan lantai terbanyak (160), elevator dengan jarak perjalanan terpanjang.
Pembangunan Burj Khalifa dilakukan oleh Emmar Properties, perusahaan properti dari Uni Emirat Arab. Emmar bekerja sama dengan Skidmore, Owings and Merrill, perusahaan yang bergerak di bidang arsitektur dan teknik sipil asal Chicago, Amerika Serikat.
Sangat mengagumkan sekali, hanya dalam waktu sekitar 5 tahun dapat membangun gedung tertinggi di dunia jauh melampaui Taipei 101 yang hanya setinggi 508 meter. Tetapi coba anda bayangkan bagaimana membersihkan kaca kaca gedung itu.

Lihat video peresmian Burj Khalifa dibawah ini



3 komentar:

zona-investment mengatakan...

Bagus banget Bloggnya... bagi2 Inmunya donk.. buat kami2 yang masih pemula...

Alam Yuda mengatakan...

subhanallah, gedungnya bagus, selain itu juga tinggi
tapi gimana ya cara membersihkan kaca yang ada dibagian paling atas gedung ? hehe

Adifc mengatakan...

@Zone-investment : hahaha, saya jgua masih belajar, kita sama2 sharing ilmu aja.
@Alam-Yuda : ya itu juga yg saya pikirkan, pasti untuk membersihkan kacanya akan nyewa suatu perusahaan yang biasa membersihkan kaca2 gedung pencakar langit, dan biayanya yang akan tinggi juga